APAKAH ZESPRI

VISI

Zespri memiliki visi untuk menjadi “yang terdepan dalam industri buah kiwi”. Untuk mewujudkan hal itu, Zespri memberikan keunggulan produk yang tidak tertandingi berdasarkan fokus konsumen, hubungan pelanggan dan inovasi, didukung oleh bibit unggul terbaik di dunia.

vision02

Zespri bertujuan untuk menyediakan pasokan buah kiwi di seluruh dunia secara berkesinambungan sepanjang tahun. Untuk mewujudkannya, kami bermitra dengan para petani di seluruh dunia.

growers

Kami juga memberikan yang terbaik dalam setiap proses yang kami lakukan dan kami berdedikasi untuk terus menjadi yang terdepan dalam bisnis dan pasar buah kiwi.

Kelestarian lingkungan adalah faktor yang sangat penting bagi Zespri dan kami menjamin buah kiwi Zespri ditanam dengan metode yang memberikan dampak yang minimal terhadap lingkungan.

vision01

Di atas segalanya, Zespri memiliki fokus untuk terus berusaha memuaskan para konsumen dengan buah kiwi terlezat dan paling bergizi di dunia serta aman dikonsumsi.


SEJARAH

Industri buah kiwi di Selandia Baru memiliki sejarah yang luar biasa. Berikut adalah asal muasal buah bergizi tersebut sebelum dinamakan “kiwi”.

Industri buah kiwi di Selandia Baru memiliki sejarah yang luar biasa. Berikut adalah asal muasal buah bergizi tersebut sebelum dinamakan “kiwi”.

1904Isabel Fraser, kepala sekolah Wanganui Girls College, membawa pulang bibit buah kiwi ke Selandia Baru yang merupakan pemberian kakaknya dari Lembah Yangtze di Cina. Isabel memberikan bibit tersebut kepada seorang petani buah, Thomas Allison, yang kemudian memberikan bibit tersebut kepada saudaranya, Alexander.

1910Dicatat bahwa kiwi asal Selandia Baru yang pertama kali berbuah berasal dari ladang milik Alexander Allison, di sebelah selatan Wanganui.

1924Petani asal Auckland, Hayward Wright, mengembangkan varietas buah kiwi berwarna hijau yang dinamakan ‘Hayward’ seperti namanya dan menjadi variteas kiwi yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia.

1952Jim MacLoughlin dan Grahame Bayliss mengekspor 13 ton buah kiwi ke Inggris untuk yang pertama kalinya.

1959-yangtaoKiwi awalnya disebut “Yang Tao” atau “Chinese Gooseberry”. Namun, para petani lokal ingin menamakan buah tersebut sesuai dengan simbol nasional Selandia Baru – burung Kiwi berbulu coklat; itulah asal-usul nama ‘buah kiwi’.

1970Otoritas Perizinan Perdagangan Buah Kiwi didirikan untuk membantu para petani mengontrol lahan industri mereka dan juga mengatur kegiatan para eksportir. Sistem ini memungkinkan adanya standar kualitas dan pemasaran yang lebih terkoordinasi.

1997Lahirnya merek dagang buah kiwi Zespri – dengan komitmen untuk terus menanam dan memasok buah kiwi terbaik, yang masih terjaga hingga saat ini.

1999Zespri International meluncurkan varietas buah Zespri Gold dengan nuansa tropis dan berwarna kekuningan dan mengganti nama varietas Hayward menjadi buah kiwi Zespri Green.

2004Industri buah kiwi di Selandia Baru mencapai usia 100 tahun.

2006Buah kiwi memperoleh status SuperFood dalam buku Superfoods Health Style yang ditulis Dr. Stephen Pratt.

2008Total produksi buah kiwi Zespri di Selandia Baru melebihi 100 juta peti kemas.